Proses Pengolahan Kelapa Sawit di PKS dan Tahapannya

Putratechsawit.com – Pada umumnya, di sebuah pabrik kelapa sawit sudah pasti memiliki banyak sekali mesin berukuran besar dan juga proses pengolahan kelapa sawit di pks. Sampai akhirnya bisa menjadi sebuah produk minyak mentah sawit berkualitas tinggi. Pada dasarnya, proses olahannya lumayan panjang.

Proses Pengolahan Kelapa Sawit di PKS PDF

Pabrik kelapa sawit biasanya seringkali disingkat menjadi PKS, termasuk pabrik yang dapat mengolah tandan buah segar atau singkatannya menjadi TBS. Di dalam pengolahannya sendiri, TBS akan dibawa oleh truk pengangkut kelapa sawit ke pabrik untuk diproses lebih lanjut. Seperti berikut :

Menjalani Proses Sortasi dan Grading

Proses awal yang harus dilakukan adalah dengan menyortir kelapa sawitnya terlebih dahulu. sebelumnya akhirnya diproses lebih lanjut ke PKS. Setelah buahnya di pisah – pisahkan / dipilih mana yang layak. Selanjutnya, akan lanjut ke proses grading atau tahapan pengelompokan TBS.

Proses Pemuatan Buah / Sterilisasi

Setelah itu, TBS akan kembali dimasukkan ke dalam tahapan selanjutnya yaitu loading ramp. Suatu tempat penimbunan yang bentuknya berupa dataran tapi miring. Lalu ada bagian pintu yang dapat terbuka dan tertutup dengan pintu hidrolik.

Proses Stasiun Perebusan Buah Sawit

Kemudian, setelah masuk ke dalam pemuatan buah. Saatnya buah sawit akan melalui tahapan proses perebusan yang akan terjadi sekitar kurang lebih 90 menitan. Inilah salah satu Proses pengolahan kelapa sawit di pks paling penting, karena memengaruhi tingkat kematangan buah.

Pelumatan Buah Sawit

Setelah selesai dengan proses perebusan buah, selanjutnya akan menjalani proses pelumatan. Di mana buahnya akan diangkutkan ke bagian thresser. Merupakan proses pelepasan buah dari tanda. Setelah brondolannya terlepas, maka akan dimasukkan lagi ke conveyor tandan kosong.

Proses Pemurnian Minyak Sawit Mentah

Pada umumnya, di dalam proses pemurnian minyak sawit mentah ini terdiri dari dua cara. Pertama, menggunakan vibro separator. Kedua, memakai mesin perangkat pasir atau biasanya dikenal dengan istilah sand trap tank.

Pengolahan Inti Sawit

Inti sawit itu adalah bagian biji sawit yang mempunyai cangkang dan juga inti. Dari sini palm kernel oil atau PKO dihasilkan. Untuk tahapan pengolahan inti sawit ini, umumnya memiliki berbagai macam alat. Mulai dari mesin ripple mill, depericarper, nut polishing drum, nut silo, claybath dan lain-lain.

Proses Kilang Kelapa Sawit

Proses Pengolahan Kelapa Sawit di PKS dan Tahapannya (1)
Proses Pengolahan Kelapa Sawit di PKS dan Tahapannya (1)

Berbicara mengenai proses kilang dari kelapa sawit, hal tersebut sama saja dengan proses penyulingan pada buah sawit. Pertama – tama, CPO diangkut dari pabrik langsung ke kilang minyak menggunakan truk atau bahkan kapal. Kemudian, CPO dipisahkan ke dalam tangki berdasarkan kualitas.

Setelah itu, CPO dipompo dari truk atau kapal lewat saluran pipa. Tahapan ini termasuk quality check, kemudian asam fosfat ditambahkan langsung ke CPO-nya, lalu melalui tahapan bleaching dengan ditambah bahan pemucat. Masuk ke dalam tahapan filtration, deodorisation, fractionation.

Terakhir, kelapa sawit melalui tahapan packaging. Biasanya produknya berupa margarin, minyak goreng, shortening yang dikemas ke dalam kotak plastik atau bahkan jerigen dengan muatan yang lumayan besar.

Sop Pabrik Kelapa Sawit PDF

Pada umumnya, SOP pabrik kelapa sawit itu terdiri dari beberapa tahapan. Pertama, pada stasiun penerimaan. Isi dari SOP tersebut adalah dari awal dipanen, buah sawit diangkut menggunakan truk menuju lokasi pengiriman. Tepat sebelum dikirimkan, buahnya masih harus lewat jembatan timbang.

Di jembatan timbang tersebut, kelapa sawitnya akan ditimbang atau bahkan dihitung berat brutonya. Setelah itu di lokasi penerimaan, buahnya ditimbang kembali lalu amsuk ke lori. Di dalam lori, buah tersebut kembali diangkutkan dan juga masuk ke dalam PKS untuk bisa diproduksi oleh pihak pabrik.

Perlu Anda ketahui, tanpa adanya SOP yang jelas. Maka truk yang membantu untuk mengangkut buah sawitnya bisa saja menunggu dengan waktu yang sangat lama. Hal ini akan dinilai tidak efektif sebagai kinerja PKS yang sesungguhnya.

Diagram Alir Proses Pengolahan Kelapa Sawit Secara Lengkap

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa proses pembuatan minyak dari kelapa sawit ini membutuhkan proses yang cukup panjang. Apalagi memerlukan timbangan sebanyak dua kali timbang untuk mengetahui berat brutonya.

Diagram alir dari gambaran proses pengolahan kelapa sawit ini, biasanya dimulai dari tahapan tandan buah segarnya dulu. Kemudian, melalui tahapan perebusan, perontokan buahnya, pengadukan, melalui proses pengepresan yang terbagi menjadi dua cara.

Pertama, melalui cara penyaringan, lalu pengendapan, ke bagian proses pemurnian buah, lalu dikeringkan dan masuk ke dalam bagian penyimpanan. Cara kedua, masih melalui tahapan pemisahaan ampas, lalu dikeringkan, masuk tahapan pemecahan, pemisahan, pengeringan dan penyimpanan.

Proses Pengolahan Kelapa Sawit di PKS Menjadi CPO Download

Pada umumnya, proses pengolahan kelapa sawit menjadi CPO atau Crude Palm Oil Mill ini melalui empat tahapan. Di antaranya seperti pemisahan brondolan dari janjangan, kemudian pencacahan, pengepresan dan terakhir pemurnian minyak.

Dalam tahapan produksi, pengolahannya masih melalui tahapan pemilihan bahan baku. Di mana bahannya harus sesuai dengan kriteria, lalu masuk ke dalam stasiun timbangan, sortasi (penyortiran mengenai tingkat kematangan buah menurut fraksi). Lalu masuk ke stasiun perebusan.

Setelah itu, masuk ke stasiun pengepresan, lalu ke stasiun pengutipan / pemurnian minyak, pengumpul janjangan kosong, tangki penimbunan minyak, pengutipan inti, pemurnian air, pembangkit tenaga. Lalu berakhir di stasiun ketel uap dan air limbah.

Buku Pengolahan Kelapa Sawit PDF

Sesuai dengan namanya, buku pengolahan kelapa sawit PDF ini berisikan tentang ilmu terkait cara mengolah kelapa sawit dengan baik dan benar. Biasanya buku semacam ini akansangat berguna bagi peternak sawit pemula.

Bisa juga bagi mereka yang ingin belajar memproduksi kelapa sawit sendiri. Dikarenakan biasanya isi dari buku tersebut tidak hanya mencakup proses produksi saja. Melainkan menjelaskan banyak hal mengenai cara memilih buah kelapa sawit terbaik.

Itu karena buah kelapa sawit yang berkualitas akan menghasilkan produk minyak yang baik pula. Jadi, sebelum diproses ke dalam beberapa tahapan. Kelapa sawitnya masih harus dipilih atau disortir terlebih dahulu.

Jelaskan Dua Output Utama Dari Proses Produksi Kelapa Sawit dan Karakteristiknya

Berbicara mengenai dua output yang dihasilkan dari proses produksi kelapa sawit. Pada umumnya, proses produksi tersebut mampu menghasilkan dua produk utama. Antara lain seperti minyak sawit mentah atau CPO dan juga minyak inti sawit (PKO).

Untuk minyak kelapa sawit mentah, biasanya diekstrak dari mesocarp atau merupakan daging buahnya sendiri. Sedangkan minyak inti sawit berasal dari biji keras yang ada di bagian tengah. Seperti itulah karakteristik dari setiap output utama proses produksi kelapa sawit.

Tentu saja, dari kedua output hasil proses produksi kelapa sawitnya memiliki proses yang berbeda – beda dalam mengolahnya. Seperti menekan buahnya / menekan CPO yang kemudian akan disaring lalu dimurnikan agar terbebas dari kontaminasi.

Itulah beberapa penjelasan secara detail dan lengkap, mengenai informasi proses pengolahan kelapa sawit di PKS. Pada dasarnya, di pabrik itu proses produksinya melalui tahapan yang cukup panjang. Supaya dapat menghasilkan minyak terbaik.