Distributor Mesin Pengolahan Kelapa Sawit di Medan Terpercaya

Putratechsawit.com – Distributor Mesin Pengolahan Kelapa Sawit di Medan Terpercaya : Terdapat berbagai jenis mesin pengolahan kelapa sawit. Mesin tersebut digunakan untuk mengubah sawit ke dalam bentuk minyak. Indonesia merupakan negara dengan perkebunan kelapa sawit (elais) yang cukup besar di dunia. Dari perkebunan tersebut, dihasilkan berbagai olahan elais mulai dari minyak masak sampai bahan bakar (biodiesel).

Terdapat 2 jenis kelapa sawit yang umumnya ditanam dalam perkebunan. Yaitu dura dan pisifera. Keduanya mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Oleh sebab itu, banyak orang yang menyilangkan kedua jenis tersebut sehingga menghasilkan sawit berkualitas unggul.

Jenis dura mempunyai cangkang tebal yang merugikan mesin pengolahan kelapa sawit, namun mempunyai keunggulan tandan buah besar dan kandungan minyak tinggi. Sedangkan pisifera tidak mempunyai cangkang sehingga menghasilkan sedikit minyak. Kemudian, persilangan antara keduanya dinamakan tenera. Tenera mempunyai daging tebal dengan kandungan minyak sebesar 28%.

Mesin Sterilizer Station untuk Menguapkan Buah

Rekomendasi Mesin Pengolahan Kelapa Sawit di Indonesia
Rekomendasi Distributor Mesin Pengolahan Kelapa Sawit di Medan Terpercaya

Pengolahan kelapa sawit adalah suatu proses pengolahan buah kelapa sawit segar menjadi minyak. Yaitu mengolah tandan buah segar (TBS) menjadi crude palm oil (CPO). Sebelum melakukan pengolahan, buah sawit terlebih dahulu dipanen dari pohonnya kemudian dipindahkan menggunakan lori.

TBS kemudian dimasukkan ke dalam sterilizer station. Alat tersebut merupakan bejana yang berfungsi untuk melakukan sterilisasi pada TBS menggunakan uap air jenuh (saturated steam). Pemakaian uap tersebut mampu membuat air di dalam buah mengalami proses penguapan. Berbeda dengan memakai uap kering.

Penggunaan uap kering dalam mesin pengolahan kelapa sawit berpotensi membuat kulit buah hangus sehingga justru menghambat penguapan pada daging buah. Di sisi lain, apabila suhu yang diatur terlalu rendah, air dalam daging buah tidak akan menguap dengan baik. Oleh sebab itu, diperlukan pengaturan suhu dan uap dengan tepat.

Sterilizer station terbagi ke dalam dua bentuk, yaitu vertikal dan horizontal. Sterilizer vertikal mempunyai bentuk silinder dan dapat menampung hingga 160m3. TBS dimasukkan melalui pintu bagian atas kemudian dikeluarkan melalui pintu bagian depan bawah.

Mesin sterilizer horizontal mempunyai bentuk silinder mendatar. Buah sawit dimasukkan ke dalamnya melalui lori. Pengoperasian mesin ini lebih mudah apabila dibandingkan dengan versi vertikal. Selain itu, mesin ini juga lebih awet. Oleh sebab itu, jenis horizontal lebih banyak diminati oleh pabrik kelapa sawit.

Alat sterilizer station berfungsi untuk mematikan enzim-enzim, memudahkan pelepasan daging buah dan biji, memudahkan pelepasan minyak, mengurangi kadar air sehingga memudahkan pemecahan biji di proses selanjutnya. Anda dapat membeli mesin ini di PT Putra Tunas Megah. Anda juga bisa memesan ukuran mesin sesuai kebutuhan.

Mesin Pengolahan Kelapa Sawit untuk Memisahkan Buah

Setelah TBS melalui proses sterilisasi, selanjutnya adalah masuk ke dalam tippler. Tippler adalah alat untuk memasukkan buah kelapa sawit yang telah disterilkan ke dalam hopper (bunch feeder). Lori yang tadinya berada di sterilizer akan diambil memakai loading indexer.

Setelah lori berpindah ke dalam tippler, selanjutnya mesin tersebut akan memutar lori sampai kemiringan 180 derajat. Buah yang masuk ke dalam hopper akan diputar oleh conveyor tippler lalu diambil oleh Inclined Sterilized Bunch Conveyor.

Apabila Anda masih belum tahu, lori adalah wadah TBS direbus. Lori mempunyai lubang yang berfungsi untuk meningkatkan penetrasi uap dalam buah dan penetesan air kondesat. Lori yang mempunyai lubang besar berpotensi membuat proses sterilisasi berjalan lebih baik. Namun, sisi buruknya akan membuat lori lebih cepat rusak.

Buah memasuki Inclined Sterilized Bunch Conveyor sedikit demi sedikit. Apabila jumlahnya terlalu banyak justru akan membuat sawit tumpah. Selanjutnya sawit masuk ke dalam mesin thresher. Thresher mempunyai bentuk drum silinder yang memanjang. Alat ini akan berputar secara horizontal.

Mesin tersebut berfungsi memisahkan brondolan dengan janjang kosong melalui penghempasan. Buah yang berada di dalam thresher akan menjalani tiga kali penghempasan. Jumlah tersebut sesuai dengan rotasi putaran mesin. Putaran tersebut kurang lebih mencapai kecepatan 24 Rpm.

Proses Thresher bertujuan untuk memisahkan buah dari tandannya melalui cara bantingan atau hempasan. Proses tersebut juga bertujuan menjaga oil loss atau kernel loss sesuai standar yang telah ditetapkan perusahaan. Dengan berbagai manfaatnya, Anda bisa mendapatkan thresher di PT. Putra Tunas Megah melalui https://putratechsawit.com/.

Kelapa sawit diolah ke dalam bentuk minyak melalui berbagai proses. Diantaranya menggunakan alat sterilizer station dan thresher. Kedua alat tersebut mempunyai peran penting dalam pengolahan TBS. Melalui PT. Putra Tunas Megah Anda bisa memperoleh mesin pengolahan kelapa sawit berkualitas.

Distributor Mesin Pengolahan Kelapa Sawit di Medan

Jika Anda sedang membutuhkan mesin pengolahan kelapa sawit, bisa hubungi kami PT. Putra Tunas Megah sebagai Distributor Mesin Pengolahan Kelapa Sawit di Medan Terpercaya dan Berkualitas. Terbukti sudah melayani banyak pembeli dan mendapatkan kepuasan pelanggan. Tanyakan kebutuhan bisnis industri Anda melalui line telepon kami di : +62-614 2064 370

Tipe dan Jenis Mesin Pengolahan Kelapa Sawit PT. Putra Tunas Megah

Mesin Pengolahan Kelapa Sawit – Nut Polishing Drum

Nut Polishing Drum merupakan salah satu jenis alat yang digunakan sebagai mesin pemisah serat langsung ke drum pemoles nut, yang fungsinya untuk melepaskan serat yang masih menempel pada nut.

Spesifikasi Nut Polishing Drum

  • Diameter : Ø 1176 mm x 8000
  • Material : ASTM A 516 GR 70
  • Capacity : 45 ton TBS/jam

Mesin Pengolahan Kelapa Sawit – Ripple Mill

Ripple mill digunakan untuk memecahkan nut dari cangkang. Prosesnya dimulai dengan masuknya mur ke rotor, dimana gaya sentrifugal akan memisahkan inti sawit dari partikel cangkang.

Mesin Pengolahan Kelapa Sawit – Air Lock

Air Lock adalah perangkat yang mengontrol daya hisap yang terkait dengan kondisi material yang diangkat kering (angin).

Ukuran kunci udara: 320 mm, 480 mm, 800 mm (semua ukuran sesuai permintaan).
Bahan: Baja Ringan SS 400.

Kami juga menyediakan berbagai jenis alat alat mesin pengolahan kelapa sawit lainnya sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Reply