Mengenal Sterilizer Door Kelapa Sawit dan Fungsi

Putratechsawit.com –  Mesin Andalan Sterilizer Door Kelapa Sawit Dengan Karakteristik Istimewa Seperti yang Anda ketahui, bahwa produski kelapa sawit itu tidak bisa dengan mudah dilakukan menggunakan mesin biasa. Sudah pasti memerlukan mesin besar dengan kualitas terbaik, seperti sterilizer door kelapa sawit yang biasanya digunakan dalam tahapan stasiun kerja olahan / rebus.

Apa Itu Sterilizer Door ?

Mengenal Sterilizer Door Kelapa Sawit dan Fungsi
Mengenal Sterilizer Door Kelapa Sawit dan Fungsi

Kata sterilizer dan juga rebusan, biasanya tidak jauh dari arti yang sama. Apalagi menurut KBBI, sterilizer ini memang memiliki arti sebagai sesuatu yang direbus. Sedangkan sterilizer door kelapa sawit ini merupakan salah satu bagian yang termasuk ke dalam tahapan stasiun olahan minyak sawit.

Biasanya proses sterilizer ini seringkali banyak dikenal sebagai salah satu proses rebusan untuk buah sawit yang sudah disortir. Pada umumnya, rebusan pada kelapa sawit ini dilakukan di PKS dengan bejana bertekanan tinggi. Bahkan juga menggunakan steam atau uap untuk proses rebus.

Tekanan tersebut dapat mencapai sekitar 3.0 kilogram cm². Kemudian, dilakukanlah proses perebusan kelapa sawit yang dimasukkan ke dalam tandan buah segar atau TBS. Pada umumnya, proses perebusan tersebut mempunyai beberapa tujuan, yaitu menghasilkan rebusan uap lebih bagus.

Bagian dan Fungsi Sterilizer Door

Pada umumnya, setiap mesin atau bahkan tahapan dari proses produksi itu memiliki fungsinya sendiri. Sama seperti sterilizer door kelapa sawit, sebagai alat untuk merebus, pastilah ada bagian yang berperan penting untuk merebus buah sawit agar hasilnya maksimal.

Bagian Unit Sterilizer / Vessel dan Pipa (Valve Inlet)

Salah satu bagian dari mesin sterilizer door kelapa sawit, yaitu unit sterilizer yang memiliki dua pintu. Fungsinya sendiri sebagai tempat untuk bisa melakukan perebusan tandan buah segar. Kemudian, ada pipa dan valve inlet yang mempunyai fungsi memasukan uap ke dalam sterilizer.

Bagian Pipa dan Valve Condensate serta Exhaust Valve

Selain itu, mesin sterilizer door kelapa sawit juga memiliki bagian pipa valve condensate yang berfungsi untuk melakukan pembuangan uap yang berasal dari kondensasi. Kemudian, exhaust valve mempunyai fungsi sebagai pembuangan uap hasil dari perebusan.

Programmable Logic Controller dan Safety Valve

Bagian mesin sterilizer programmable logic controller atau PLC ini mempunyai fungsi untuk dapat mengatur serta mengontrol sistem rebus. Baik itu secara manual atau bakan full otomatis. Kemudian, bagian safety valve yang berfungsi sebagai bagian dari katup pengaman ketika sterilizer berlebih.

Bagian Cantilever Rail Bridge dan Air Compressor

Cantilever rail bridge yang ada pada bagian sterilizer door, memiliki fungsi sebagai salah satu jembatan agar lori buah sawit bisa masuk dan juga keluar. Kemudian, air compressor berfungsi sebagai pensupplai udara yang biasanya digunakan mengaktifkan pneumatic valv.

Alat Ukur / Gauge dan Capstan atau Bollard

Setelah itu, bagian mesin sterilizer door juga memiliki alat ukur atau gauge. Biasanya memiliki fungsi untuk dapat memonitori pengoperasian alat lain. Misalnya saja seperti pressure gauge. Sedangkan untuk capstan bollard berfungsi menarik lori buah sawit agar masuk dan keluar sterilizer.

Karakteristik Istimewa Sterilizer Door

Setiap mesin industri pastilah memiliki karakteristik istimewanya sendiri, sama seperti mesin sterilizer door kelapa sawit ini. Pada umumnya, mesin ini seringkali digunakan untuk merebus buahnya. Namun, sebenarnya ada bagian unik dari mesin satu ini.

Karakteristik istimewa dari mesin sterilizer door kelapa sawit ini, yaitu dapat digunakan dengan model horizontal. Jadi, teknik rebusannya berbentuk lurus ke depan tidak berkelok – kelok sesuai dengan nama rebusan tersebut.

Tidak hanya itu saja, mesin sterilizer door kelapa sawit ini juga dapat digunakan untuk merebus buah sawit dengan model vertikal. Lebih tepatnya, mesin ini akan menghadap dari atas ke bawah seakan seperti teleskop bintang. Kemudian, juga dapat melakukan rebusan 45 derajat / oblique sterilizer.

Cara Merawat Sterilizer Door

Mengingat sterilizer door kelapa sawit ini merupakan mesin yang memiliki ukuran lumayan besar. cara perawatannya tentu tidak bisa sembarangan. Mungkin Anda memerlukan bantuan alat bantu lain untuk dapat memastikan mesinnya selalu dalam keadaan bersih.

Mesin sterilizer door kelapa sawit yang bersih, tentu saja akan memengaruhi buah sawit yang hendak diolah / direbus. Dengan begitu, tidak akan tercampur dengan bahan lain atau tersendat karena adanya buah sawit yang menyangkut di lain sisi.

Biasanya untuk mesin perebusan semacam ini, akan mudah sekali bahan tertentu menyangkut di beberapa sisi mesinnya. Jadi, akan lebih baik jika Anda menyiraminya dengan air hangat lalu mencoba mengeluarkan sisa buah yang tersangkut menggunakan tongkat kayu secara perlahan.

Jenis Masalah dan Kerusakan yang Ada di Sterilizer Door

Mesin secanggih apa pun itu, pasti ada masanya mengalami kendala seperti kerusakan. Sama seperti mesin perebusan kelapa sawit, sterilizer door. Pada umumnya, kendala yang seringkali banyak dialami adalah keruskan karena kurangnya kebutuhan uap di dalam proses pengolahan.

Ketidaktercapainya kebutuhan uap saat melakukan proses pengolahan ini, biasanya disebabkan oleh kurangnya supply bahan bakar pada boiler atau bahkan pipa steam inlet yang bekerja ke tabung sterilizer.

Tidak hanya itu saja, masalah dari mesin sterilizer door kelapa sawit juga biasanya seperti pecahnya door packing di tabung sterilizer. Akibat dari kendala semacam ini adalah karena safety valve tidak bisa bekerja dengan baik.

Perbedaan Sterilizer Horizontal dan Vertikal

Seperti yang telah Anda ketahui pada pembahasan sebelumnya, bahwa mesin sterilizer door ini memiliki karakteristik istimewa. Seperti mesinnya yang dapat merebus buah sawit dengan cara horizontal dan juga vertikal.

Bahkan ada yang modelnya 45 derajat dan juga rebusan bola. Apa pun model rebusannya, tujuannya tetap sama yaitu menciptakan buah sawit agar menghasilkan minyak terbaik dan lebih steril. Untuk sterilizer door horizontal, bentuknya lurus ke depan tidak berkelok – kelok.

Sedangkan untuk sterilizer door vertikal, jika Anda ingin mengetahuinya posisi mesin tersebut layaknya seperti teleskop bintang. Jadi, posisi merebus buah sawitnya dari atas ke bawah. Namun, tetap lurus dan tidak berbelok – belok.

Konstruksi Sterilizer Door

Berbicara mengenai konstruksi yang ada pada mesin sterilizer door kelapa sawit, pada umumnya terbagi menjadi empat model rebusan. Pertama, secara horizontal, kedua vertikal, ketiga rebusan bola atau spherical sterilizer dan keempat rebusan 45 derajat.

Pada model rebusan horizontal, mesin sterilizer door kelapa sawit ini menunjukkan konstruksi yang lurus (jenis compact modular) dan proses merebusnya tidak menggunakan bantu apa pun kecuali uap / steam yang memang harus diberikan selama proses perebusan.

Kemudian, proses perebusan vertikal menunjukkan konstruksi rebus buah sawit dari atas ke bawah. Proses rebusan bola, sesuai namanya buah sawit akan direbus dengan model berputar. Begitu pula dengan 45 derajat, konstruksinya akan berputar sekitar 45 derajat.

Prinsip dan Cara Kerja Sterilizer Door

Mungkin Anda penasaran dengan cara kerja mesin sterilizer door kelapa sawit ini. Pada umumnya, mesin besar tersebut sama saja seperti alat rebusan lainnya. Namun, masih menggunakan bantuan tambahan yaitu uap / steam ke dalamnya.

Biasanya di puncak pertama, buah sawit yang telah siap akan dimasukkan ke dalam mesin sterilizer door kelapa sawit. Lalu diproses dengan menggunakan tekanan yang bisa mencapai 1.5 kg / cm². Proses perebusannya sendiri memakan waktu dan ada tahapan 3 puncak.

Di tahapan kedua akan diubah dengan tekanan yang mencapai 2.0 kg / cm². Lalu proses puncak ketiga akan diatur menggunakan tekanan 2.8 hingga 3.0 kg / cm². Setiap siklusnya memakan waktu 90 menit. Proses perebusan buah sawit memang lama, untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Seperti itulah beberapa penjelasan secara detail, mengenai informasi penting terkait sterilizer door kelapa sawit. Sesuai dengan pembahasan di atas, kini Anda telah mengetahui bahwa mesin tersebut merupakan alat yang biasanya digunakan untuk merebus buah sawit.