Mengenal Apa Itu Conveyor Belt dan Penjelasan Lengkapnya

Putratechsawit.com –  Mengenal Conveyor Belt dan Fungsi  Dalam suatu proses produksi yang membutuhkan tahapan cukup banyak, sudah pasti harus didukung dengan penggunaan mesin besar dan bermanfaat. Seperti conveyor belt misalnya, jika tidak ada mesin yang mumpuni. Maka proses produksi tidak akan cepat selesai sesuai rencana.

Apa Itu Conveyor Belt ?

Mengenal Conveyor Belt dan Fungsi
Mengenal Conveyor Belt dan Fungsi

Conveyor belt adalah salah satu perlengkapan yang bentuknya sederhana. Biasanya seringkali digunakan oleh sebagian besar manusia yang membutuhkannya, mengingat fungsinya adalah sebagai alat bantu yang dapat mengangkut berbagai macam jenis unit load atau bahkan bulk material.

Biasanya mesin conveyor belt ini seringkali digunakan dalam rangka pengangkatan unit yang ada di dalam industri besar, seperti misalnya saja pabrik kelapa sawit. Selain itu, conveyor belt juga bisa digunakan mengangkut material antara lain semen, pasir, dan raw material lainnya.

Bahkan bisa juga digunakan pada bidang yang terbilang miring, tegak atau bahkan yang jaraknya jauh sekali pun. Jika Anda tidak memiliki gambaran dari mesin ini, umumnya conveyor belt ini seamcam roll conveyor. Mungkin gambaran kecilnya seperti treadmill namun dalam ukuran besar.

Fungsi dan Konstruksi Conveyor Belt

Sesuai dengan namanya, mesin conveyor belt ini adalah alat yang seperti ban atau bahkan sabuk yang berfungsi sebagai pengangkut berbagai macam jenis unit dengan kapasitas yang lumayan besar. Itulah mengapa sering digunakan di beberapa industri besar. adapun konstruksinya, yaitu :

Konstruksi Arah Pengangkutan Secara Horizontal

Salah satu fungsi dari konstruksi mesin conveyor belt paling utama, yaitu pengangkutan secara horizontal. Konstruksi semacam ini bentuknya horizontal atau biasanya disebut mendatar. Jadi, tidak ada gelombang sama sekali di sabuk atau bannya.

Konstruksi Arah Pengangkutan Secara Diagonal

Selain itu, mesin conveyor belt juga bisa melakukan pengankutan secara diagonal. Jadi, tidak hanya horizontal saja. Pada mesin ini bentuknya memang dibuat miring. Dengan begitu, akan lebih mudah melakukan pengangkutan ke bidang yang jauh lebih rendah.

Konstruksi Arah Horizontal dan Diagonal

Kemudian, ada konstruksi campuran yaitu secara horizontal dan juga diagonal. Pada mesin conveyor belt ini, umumnya bisa dilakukan dengan dua cara. Bisa datar dan juga miring, proses pengangkutan barangnya juga sama – sama cepat.

Karakteristik Istimewa Conveyor Belt

Umumnya, mesin conveyor belt ini mempunyai karakteristiknya sendiri. Sama seperti mesin besar dalam industri lainnya. Setiap mesin atau alat bantu pasti mempunyai fungsi, manfaat dan kegunaannya sendiri. Karakteristik yang dimiliki conveyor belt antara lain :

Berguna Dalam Posisi Horizontal dan Diagonal

Salah satu karakteristik yang dimiliki oleh mesin conveyor belt, yaitu dapat digunakan dengan bentuk horizontal dan juga diagonal. Baik lurus atau bahkan miring pun semuanya bisa, seakan multifungsi. Bahkan sudutnya juga maksimum.

Bahannya Berkualitas

Menurut informasi, sabuk dari mesin conveyor belt ini menggunakan plat roller yang memiliki fungsi. Seperti dapat membaw bahan atau unit dengan lebih mudah. Jadi, tidak mudah tergelincir dan menyebabkan jatuhnya unit.

Sangat Multifungsi

Selain itu, karakteristik dari mesin conveyor belt ini adalah dapat digunakan untuk segala macam jenis pekerjaan dalam bidang pengangkutan unit / barang. Dengan begitu, mesin ini akan sangat berguna untuk berbagai macam industri.

Cara Merawat Conveyor Belt

Berbicara mengenai cara merawat mesin conveyor belt, pada umumnya sama seperti merawat mesin sebagaimana mestinya. anda harus membersihkan kotoran yang biasanya menumpuk di sela mesin conveyor tersebut.

Kemudian, jangan lupa juga membersihkan sistem Anda dengan teratur. Setelah itu lakukan pemeriksaan frame juga, periksakan pulley, lalu periksa juga tingkat kelurusan dari belt (yang berjalan).

Jagalah idler supaya tetap berjalan dengan lancar tanpa tersendat sedikit pun. Kemudian, gantilah bagian mesin yang aus dengan segera. Supaya mesin conveyor belt bisa segera digunakan kembali untuk pengangkutan unit.

Komponen dan Fungsi Conveyor Belt

Mesin conveyor belt sebagai salah satu alat bantu untuk mengangkut barang / unit, umumnya tersedia beberapa komponen penting yang harus diketahui. Setiap komponen / bagiannya memiliki peranan penting dalam pengangkutan unit.

Bagian / Komponen Belt dan Idler

Salah satu komponen yang terdapat pada conveyor belt adalah beltnya sendiri, merupakan sabuk yang fungsinya membawa unit yang diangkut mesin penggerak. Kemudian, idler mempunyai fungsi sebagai penyangga / menahan belt.

Komponen Centering Device dan Drive Units

Centering device ini memiliki fungsi untuk dapat mencegah supaya bagian belt tidak melaju kencang dari rollernya. Kemudian, komponen drive unit atau unit penggerak ini akan dipindahkan ke bagian belt. Dikarenakan adanya gesekan, belt dengan bagian pulley.

Komponen Bending the Belt dan Feeder

Selain itu, komponen mesin conveyor belt adalah bending the belt atau alat pelengkung belt. Kemudian, komponen lain adalah feeder atau pengumpan yang termasuk alat berfungsi untuk dapat memuat material ke bagian atas belt.

Cara Kerja Conveyor Belt

Pada umumnya, prinsip kerja dari mesin conveyor belt adalah dengan melakukan transport material atau barang yang ada di bagian atas belt. Di mana inlet yang ada di sisi tail menggunakan chute. Lalu setelah itu samnpai ke bagian head material.

Kemudian, ditumpahkan yang diakibatkan dari belt yang berbalik arah. Bagian belt yang digerakkan oleh drive atau bernama head pulley ini, umumnya menggunakan motor penggerak supaya mampu bergerak sebagaimana mestinya.

Pada intinya, mesin conveyor belt ini memiliki prinsip kerja dengan membawa suatu material atau unit ke bagian head material / sampai ujungnya. Sedangkan unit bisa tersampaikan karena adanya belt yang bergerak secara horizontal atau diagonal.

Harga Conveyor Belt

Pada umumnya, mesin conveyor belt ini memiliki kisaran harga yang bervariasi. Jikalau Anda membuka usaha dalam artian merupakan industri besar. Mungkin akan membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk itu.

Sedangkan untuk industri kecil – kecilan, mungkin kisaran biaya dari mesin conveyor belt sekitar Rp 9.000.000 bisa Anda siapkan sebelum membeli. Namun, bukan berarti harga patennya 9 jutaan. Mengingat di beberapa store online banyak menyediakan variasi harga.

Sebelum itu, pastikan Anda ingin membeli secara online atau offline saja di tempat terpercaya. Khusus untuk industri besar, biasanya mesin conveyor belt ini bisa mencapai kisaran harga sekitar Rp 83.000.000.

Itulah beberapa penjelasan secara detail dan lengkap, mengenai informasi penting terkait conveyor belt. Sesuai dengan pembahasan di atas, bagi Anda yang sedang menjalankan industri besar. ada baiknya menyediakan conveyor dalam ukuran besar.