Cara Membuat Pabrik Kelapa Sawit dengan Strategi Terbaik Anti Bangkrut

Putratechsawit.com – Setiap orang pastilah memiliki keinginan untuk membangun usaha bisnis. ada yang mulai dari keinginan dalam lingkup kecil, ada pula yang besar. Seperti informasi cara membuat pabrik kelapa sawit yang seringkali banyak menginspirasi masyarakat atau pebisnis pemula yang ingin sukses.

Analisa Usaha Pabrik Kelapa Sawit

Cara Membuat Pabrik Kelapa Sawit dengan Strategi Terbaik
Cara Membuat Pabrik Kelapa Sawit dengan Strategi Terbaik

Berbicara mengenai prospek usaha, terlebih usaha dalam artian memiliki risiko yang juga cukup besar seperti kelapa sawit. Akan lebih baik, buatlah analisanya terlebih dahulu, Anda bisa berkaca dari beberapa orang yang telah mengembangkan bisnisnya dalam bidang produksi kelapa sawit.

Perhitungan Penjualan Produk Kelapa Sawit

Berbagai macam jenis produk yang merupakan hasil olahan dari kelapa sawit itu, rata – rata mempunyai nilai ekonomisnya sendiri. Misalnya saja TBS atau tandan buah segar yang biasanya memiliki kisaran harga yang berfluktuasi. Dengan kisaran Rp 800 hingga Rp 2.000, rata – rata Rp 1.500.

Kisaran Harga Produksi

Berbicara mengenai kisaran harga produksi, biasanya tergantung dari jenis bibit yang dipilih oleh pihak pengembang. Lalu kelas kesesuaian lahannya dan juga umur tanamannya. Anda bisa menggunakan referensi dari bibit PPKS Marihat Generasi pertama sebagai acuannya.

Produk Crude Palm Oil atau CPO

Jika Anda ingin memproduksi produk crude palm oil atau biasanya dikenal dengan singkatan CPO. Lihatlah dan lakukan analisan harga CPO domestic setiap tahunnya. Tujuannya, supaya dapat menentukan kisaran harga produk yang sesuai dengan rata – rata penjualan saat ini.

Produk Crude Palm Kernel Oil atau CPKO

Jikalau ingin membuat produk crude palm kernel oil atau CPKO. Kenali kisaran harga kernelnya setiap tahun, biasanya berfluktuasi mulai dari Rp 6.000 hingga Rp 8.000. Sedangkan rata – rata ada dibesaran sekitar Rp 6.500.

Perhitungan Harga Pokok Produksi

Selain itu, lakukan analisa perhitungan harga pokok produksi juga. Biaya yang biasanya dikeluarkan dalam usaha pabrik kelapa sawit, umumnya terbagi menjadi tiga kelompok besar. Antara lain seperti biaya head office, kebun dan juga pabrik kelapa sawitnya sendiri.

Biaya Pembuatan Pabrik Kelapa Sawit

Setelah mengetahui beberapa analisa yang harus dilakukan sebelumnya, Anda harus mengetahui kisaran biaya yang biasanya dibutuhkan dalam pembangunan pabrik kelapa sawit. Sebelum itu, jangan berandai-andai harganya masih dalam kisaran jutaan. Bahkan ada petinggi yang mencapai miliar untuk itu.

Perlu Anda ingat, proses pembangunan pabrik kelapa sawit itu tidak sama seperti membangun usaha ruko apalagi menjalankan usaha online lainnya. Jadi, biaya adalah sesuatu hal yang harus dinomor satukan. Menurut informasi, belanja modal yang seringkali disebutkan asalnya dari dana internal.

Lebih tepatnya dari dana pribadi, mungkin Anda telah melakukan investasi ke beberapa perusahaan. profit yang didapatkan bisa dijadikan modal untuk membangun pabrik kelapa sawit. Kisaran dana yang dibutuhkan bisa mencapai 15 juta dollar AS atau jika dirupiahkan mencapa Rp 202,5 milliaran.

Desain Pabrik Kelapa Sawit Terbaru

Bagi Anda yang berkeinginan membangun sebuah pabrik kelapa sawit, ada baiknya mencari referensi terlebih dahulu terkait desain dari pabriknya sendiri. Perlu diketahui, bahwa tempat yang dijadikan sebagai proses produksi itu harus mumpuni. Supaya proses produksinya lancar.

Mengingat kelapa sawit harus diproduksi dengan beberapa macam tahapan, mulai dari penyortiran buahnya, lalu dirontokkan, kemudian melalui proses perebusan dan masih banyak lagi lainnya. Jadi, paling tidak desain pabriknya harus lebih mumpuni. Paling tidak memiliki penempatan yang pas.

Misal tempat loading ramp-nya tidak begitu jauh dengan tempat penyortiran, supaya bisa lebih mudah terjangkaunya. Jika inginlebih detail soal gambarnya, Anda bisa melihat referensi desain pabrik kelapa sawitnya di internet.

Proposal Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit

Bingung dalam membuat proposal? Tidak perlu khawatir, setiap usaha bisnis dalam lingkup cukup besar memang harus menggunkaan proposal. Apalagi harus membuat surat perizinan kepada pemerintah. Sama seperti membuat proposal pada umumnya, halaman pertama pendahuluan.

Di mana – mana, setiap proposal itu harus didahulukan dengan pendahuluan. Di mana Anda menceritakan informasi lengkap mengenai buah sawitnya sendiri. Lalu disambungkan ke bahan baku yang dibutuhkan dalam memproduksi suatu produk dari kelapa tersebut (misal CPO).

Jangan lupa juga sertakan teknologi pengolahan yang Anda gunakan di pabrik kelapa sawit, karena yang namanya proposal itu harus lengkap. Mulai dari produk yang ditekankan, nama mesin yang ada di dalam pabrik, sampai dengan gambaran cara kerja mesinnya juga. Gambarnya pun juga perlu.

Konsultan Pabrik Kelapa Sawit Mini

Jikalau ada beberapa hal yang ingin ditanyakan soal pembangunan pabrik kelapa sawit, baik dalam artian besar atau mini. Anda bisa meminta saran kepada konsultan, namun biasanya mereka akan memberi masukan untuk pebisnis membuat dokumen dulu. Dokumennya paling tidak seperti berikut.

Siapkan Berbagai Dokumen Legal

Sebelum membuka usaha pabrik kelapa sawit, ada baiknya Anda menyiapkan atau membuat suatu dokumen khusus yang legal. Seperti misalnya saja akta pendirian perusahaan, surat keputusan untuk Kemenkum dan juga HAM, TDP, SIUP, NPWP, SKT dan masih banyak syarat penting lainnya.

Persiapkan Syarat Administratif

Salah satu syarat administratif yang harus Anda persiapkan, seperti status hak atas tanah atau izin pemanfaatan tanah tersebut. dari pihak pemegang hak tanah dalam bentuk perjanjian secara tertulis. Lalu surat bukti kepemilikan gedungnya harus dikeluarkan langsung oleh pemerintah daerah.

Siapkan Surat Izin Mendirikan Bangunan

Setelah itu, persiapkan surat izin mendirikan bangunan. dikarenakan setiap orang atau sebuah badan hukum pun harus mengajukan permohonan izin. Di dalam suratnya harus dilengkapi seperti, tanda bukti status kepemilikan tanah, data pemilik bangunan gedung, rencana teknis sesuai kabupaten/kota.

Memahami Persyaratan Secara Teknis

Setelah itu, Anda harus memahami persyaratan secara teknis. Seperti persyaratan peruntukan bangunan yang sudah sesuai dengan rencana tata ruang wilayah, baik kabupaten atau bahkan kota. Lalu mempersiapkan intensitas bangunan gedung dan juga arsitektur bangunannya yang diinginkan.

Mempersiapkan Persyaratan Keandalan Bangunan Gedung

Langkah selanjutnya, Anda juga harus mempersiapkan syarat keandalan bangunan gedungnya. Seperti mulai dari persyaratan keselamatan, kesehatan, kenyamanan sampai dengan kemudahan. Permohonan izin mendirikan bangunan harus sudah memenuhi syarat administratif dan teknis juga.

Harga Mesin Pabrik Kelapa Sawit

Tidak lengkap jika pabrik kelapa sawit tanpa adanya mesin, mengingat mesin tersebut sangat bermanfaat untuk keberlangsungan proses produksi kelapanya menjadi sebuah produk jadi. Jika Anda bersedia membangun pabrik kelapa sawit, carilah referensi harga mesinnya juga.

Selain mempersiapkan dokumen penting, selanjutnya harus menyiapkan dana untuk membeli mesin dan alat pendukung lainnya. Tanpa mesin, produksi kelapa sawit pasti tidak akan bisa berjalan dengan lancar / sebagaimana mestinya.

Biasanya kisaran harga dari mesin pabrik kelapa sawit itu mencapai puluhan juta rupiah. Seperti mulai dari kisaran Rp 47.068.125 sampai dengan 57.205.875. Namun, kisaran tersebut tentu saja tidak bisa ditetapkan. Dikarenakan setiap market place memiliki kisaran harga sendiri.

Mesin dan Peralatan Pada Pabrik Kelapa Sawit

Setelah mengetahui kisaran harganya, kini saatnya Anda mempersiapkan mesin dan juga peralatan yang seharusnya ada di dalam pabrik kelapa sawit. Mesin tersebut antara lain seperti fruit cages yang berfungsi mengangkut tandan buah.

Selanjutnya, ada capstand yang seringkali digunakan untuk dapat menarik lori buah. Kemudian, sterilizer station durm, berfungsi merebus buah sawitnya, thresher drum untuk membanting tandan, screw press untuk mengekstrak buahnya.

Setelah itu, Anda juga harus mempersiapkan mesin vibro sepearator, continous settling tank, oil purifier, sludge centrifuge, vacum oil drier, cake breaker, depericarper, nut polishing, nut silo drier dan juga nut cracker atau ripple mill untuk dapat memecahkan biji yang sudah dikeringkan.

Seperti itulah beberapa penjelasan secara lengkap dan jelas, mengenai informasi cara membuat pabrik kelapa sawit. Sesuai dengan pembahasan di atas, sebelum membangun pabrik kelapa sawit Anda harus menganalisa bisnis tersebut terlebih dahulu.