Bagian Mesin Pabrik Kelapa Sawit yang Sering Digunakan Produksi Minyak

Putratechsawit.com – Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa kelapa sawit merupakan salah satu bahan dasar yang sering digunakan untuk pembuatan produk minyak. Tentu saja komponen / bagian mesin pabrik kelapa sawit yang pabrik gunakan memiliki fungsi yang begitu canggih, sehingga tercipta minyak terbaik.

Istilah dan Penjelasan Setiap Bagian Mesin

Pada umumnya, setiap pabrik yang memproduksi berbagai macam produk minyak. Mereka semua telah memiliki mesin yang sangat mumpuni, sehingga mampu menciptakan minyak dengan kualitas terbaik. Secara umum, tahapan yang dilakukan pertama kali adalah grading / pengelompokan TBS.

Proses Perebusan: Mesin Boiler

Berbicara mengenai bagian mesin pabrik yang seringkali digunakan dalam proses pengolahan kelapa sawit, yaitu boiler. Setelah kelapa sawit melalui tahapan grading dan juga sterilisasi, maka langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan pemanfaat dari mesin boiler.

Proses Pelumatan Kelapa Sawit: Mesin Conveyor dan Digester

Bagian mesin di tahapan pelumatan, biasanya akan menggunakan conveyor dan juga digester. Mesin tersebut yang nantinya akan melumatkan buat sawit yang sudah terpilih. Kegunaan dari mesinnya sendiri juga berkualitas, karena terdiri dari pisau yang begitu tajam (pengaduk)

Mesin Screw Press

Selanjutnya, akan menuju ke dalam tahapan di mana pihak pabrik menggunakan mesin screw press. Mesin ini adalah mesin motor listrik yang dapat berputar dan mampu memutar pulley. Umumnya, ada 3 komponen yang akan dihasilkan, antara lain minyak sawit yang mentah, biji dan juga serabut.

Mesin Ripple Mil

Selain itu, ada mesin ripple mil yang termasuk ke dalam tahapan stasiun kernel. Di mana merupakan tempat untuk dapat mengolah biji dari kelapa sawit. Tahapan ini adalah untuk dapat mengolah kembali beberapa biji buah, supaya bisa mendapatkan buah terbaik.

Fungsi Masing-Masing Bagian Mesin

Setelah mengetahui apa saja bagian mesin yang seringkali digunakan dalam tahapan membuat minyak dari kelapa sawit. Kini saatnya Anda juga harus mengetahui bagaimana fungsi sebenarnya dari beberapa mesin penting tersebut. berikut ini ada penjelasan secara lengkap :

Mesin Boiler

Sesuai dengan tahapannya, di dalam tahapan perebusan menggunakan boiler ini. biasanya berlangsung 90 menit untuk bisa mendapatkan buah sawit yang lunak. Saat proses merebus ini, seringkali menggunakan suhu sekitar 140 derajat celcius agar sterillizer panas bisa tersalur ke boiler.

Mesin digester

Setelah itu memasuki proses pelumatan kelapa dengan menggunakan mesin digester. Pelumatan ini sama dengan teknik thressing (pelepasan buah dari tanda). Alat digester ini merupakan mesin yang berfungsi melumatkan buah sawitnya. Mesinnya sendiri terdiri dari pisau pengaduk atau stirring arm.

Mesin Screw Press

Sedangkan mesin screw press ini tidak akan pernah lepas dari proses pengolahan kelapa sawit. Itu karena mesin bermotor listrik ini berguna sebagai mesin ayakan getar. Umumnya, mesin ini akan menghasilkan tiga komponen penting, yaitu minyak sawi mentah dan juga serabut.

Mesin Ripple Mil

Mesin satu ini merupakan mesin yang berfungsi untuk dapat memecahkan cangkang dari biji sawit. Di bagian mesinnya sendiri ada rotor serta beberapa bagian yang dapat berputar serta ada mata pisau yang diam. Biji akan saling berbenturan lalu memecahkan cangkang.

Cara Kerja Masing-Masing Bagian Mesin Kelapa Sawit

Dalam rangka mengolah kelapa sawit menjadi produk minyak berkualitas. tentu saja cara kerja di setiap masing – masing mesin harus tetap terjaga sempurna. Mengingat fungsi mesin berperan penting untuk menghasilkan biji dan juga minyak terbaik. Berikut cara kerja mesinnya.

Perebusan Kelapa Sawit dan Pelumatan

Langkah awal setelah kelapa sawit melalui tahapan pemilihan bahan terbaik. Selanjutnya akan dilakukan perebusan menggunakan boiler. Di dalam proses perebusannya sendiri akan membutuhkan suhu sekitar 140 derajat celcius, karena akan digunakan untuk memanaskan sterillizer.

Setelah itu, buahnya akan masuk ke dalam tahapan pelumatan agar semuanya hancur. Di sini menggunakan alat bernama digester, mesin yang dipakai untuk melumatkan buah sawit dan terdiri dari pisau pengaduk. Kemudian, akan ditekan supaya buahnya bisa terlumatkan semuanya.

Mesin Screw Press dan Ripple Mil

Kemudian, setelah semuanya dilumatkan menggunakan digester. Tahapan selanjutnya adalah memakai mesin screw press atau kempa ulir. Cara kerjanya mesinnya adalah dengan menekan / menjepit bagian buah bertekanan tinggi 30 – 50 bar. Lalu memakai minyak CPO yang akan dialirkan ke mesin ayakan.

Sedangkan mesin ripple mil ini merupakan mesin yang berfungsi untuk dapat memecahkan cangkang dari biji. Cukup dengan memasukkan bahannya saja ke dalam mesin, lalu mesinnya akan berputar karena ada ripper plate di dalam.

Itulah beberapa penjelasan secara mendalam, mengenai informasi lengkap terkait bagian mesin pabrik kelapa sawit yang paling aktif dan sering beroperasi. Seakan tidak pernah berhenti, mesin tersebut terus bekerja demi mendapatkan hasil minyak yang berkualitas.